Perlakukan Sesama. Sepertikita Ingin di Perlakukan

Perlakukan Sesama. Sepertikita Ingin di Perlakukan


Oleh : Muhammad Rafiyudin



Hallo rekan-rekan semua. Bagaimana akhir pekan kali ini?. Tak terasa sudah bulan maret lagi. Tak terasa pula esok akan dilaksanakan Ulangan Tengah Semester II. Huh, waktu terasa begitu singkat ya.
Baiklah, langsung saja kita ke topik yang akan kita bahas.
Apasih yang akan kita bahas? Semuanya bisa membaca judul postingan ini yang ada di bagian atas. Hehehe…
Ada yang ingat dengan kaidah kencana “ Perlakukan Orang Lain Sebagaimana Anda ingin diperlakukan” ?
Pepatah ini tidak hanya berarti bersikap baik kepada sesama, atau selalu menyediakan diri untuk orang yang membutuhkan kita. Memang, kita ingin orang lain selalu ada di saat kita sedang dalam keadaan yang tidak menguntungkan, kita juga ingin orang lain bersikap baik terhadap kita.
Kita perlu menyesuaikan pandangan diri dan sikap, banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menciptakan kesetaraan yang mungkin kurang di perhatikan oleh orang lain.
Selain memperlakukan orang lain sebagaimana kita ingin di perhatikan, ada hal lain, seperti pikirkan orang lain sebagaimana kita ingin dipikirkan, rasakan perasaan orang lain sebagaimana kita ingin orang lain merasakan perasaan kita, dan bicaralah terhadap orang lain sebagaimana kita ingin orang lain berbicara kepada kita.
Belajar memperlakukan orang lain sebagaimana kita ingin orang lain memperlakukan kita. Kita tidak bisa memaksa orang lain untuk memperlakukan diri kita dengan baik tanpa kita mau memperlakukan mereka dengan baik. Semua orang berbeda-beda dan kita tidak bisa memasukan mereka kedalam satu kotak dan berharap kita bisa mencetak mereka dengan hasil yang sama.
Selanjutnya adalah. Mencoba mengerti perasaan orang lain. Jangan pernah memendam perasaan benci terhadap orang lain. Memendam perasaan benci hanya merugikan dan membuat hati kita mengeras, untuk merasakan cinta dan kasih saying dari orang lain. Memiliki perasaan  ini sangatlah tidak mengenakan. Maka dari itu, cobalah untuk mengerti perasaan orang lain sebagaimana kita ingin di mengerti oleh orang lain.


***

Berpikir tentang orang lain sebagaimana kita ingin dipikirkan. Jauhkanlah perasaan kita dari perasaan kasihan terhadap seseorang, terutama jika kita merasa memiliki kehidupan yang lebih baik dari dia. Ini bukanlah cara berpikir yang memberikan kebaikan. Maka dari itu, jika kita ingin membatu seseorang yang kita anggap sangat membutuhkan bantuan, maka bantulah dia dengan kasih, bukan karena kasihan. Bukankah ini lebih baik? Coba bayangkan jka kita membantu orang tersebut dengan rasa kasihan, maka dia akan berpikir bahwa kehidupannya tidak lebih baik dari kehidupan kita.
Yang terakhir adalah. Berusaha menghormati orang lain meskipun mereka tidak patut untuk di hormati. Terkadang kita berada pada situasi dimana kita harus bersikap tegas, dan mereka tidak menghormati peran kita dalam situasi ini, atau bahkan mereka malah mencari jalan untuk menghancurkan integritas dan reputasi kita. Lalu apa yang harus kita lakukan? Kita tidak perlu megikuti jejak yang sama seperti mereka. Meski kita merasa mereka berhak dan pantas untuk mendapatkan ketegasan dari kita. Kita tidak tahu apa yang ada di dalam pikiran mereka, sehingga mereka seperti itu. Yang harus kita lakukan adalah bertanggung jawab atas reaksi kita terhadap situasi ini, dan memilih untuk memberikan rasa hormat yang tertinggi kepada mereka. Walaupun, sangat sulit bagi kita untuk melihat kebaikan dari mereka.

Selamat berakhir pekan…

#OneDayOnePost #ODOPbatch5 

Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "Perlakukan Sesama. Sepertikita Ingin di Perlakukan"

Beri aku 1001 kritik dan saran :)