Perjalanan Singkat Episode 4

Perjalanan Singkat

Oleh : Muhammad Rafiyudin

Ibu Ahmad bertanya “ Bagaimana, di terima tidak?”
Ahmad dengan raut wajah penuh kecewa masuk ke dalam rumah tanpa menjawab pertanyaan dari Ibunya. Ibunya hanya memandang Ahmad sambil menghela nafas, kemudian menutup pintu dan kembali ke dapur. Ahmad terbaring lesu di kamarnya, ia masih tidak percaya bahwa dirinya gagal lolos dalam tes tulis. Hingga ia pun tertidur dengan pulas.
Pukul 16:30. Ahmad terbangun, ia masih berbaring, melirik ke arah jam dinding. Ia bergegas menuju kamar mandi. Kemudian ia melaksanakan shalat ashar. Pada saat akan takbiratul ihram, terdengar suara knalpot motor revo, yang tak lain adalah suara motor Bapak Ahmad yang baru saja sampai rumah. Setelah suara motor itu sudah tidak terdengar, Ahmad melanjutkan shalatnya.
Bapak Ahmad baru saja pulang dari sawah. Ya, setiap hari sabtu, Bapak ahmad libur bekerja. Dan biasanya Bapak Ahmad selalu mengisi waktu libur dengan bertani. Seorang Bapak yang selalu menjadi penasihat bagi Ahmad tidak pernah kenal lelah, hanya untuk membiayai Ahmad.
Ahmad merasa telah mengecewakan orang tuanya. Karena, ia gagal dalam seleksi tes tulis. Ahmad belum berani untuk bercerita kepada kedua orang tuanya. Ia takut di marahi oleh orang tuanya. Padahal jika Ahmad berhasil lolos ia di janjikan oleh kakak perempuannya akan di belikan sebuah smarthphone. Namun, apa daya Ahmad hanya bisa menerima kenyataan yang ada.
***
Malampun tiba. Setelah selesai melaksanakan shalat isya tepatnya. Dimana pada saat itu Bapak, dan Ibunya sedang mencari angin di depan teras rumah. Ahmad menjumpai kedua orang tuanya sambil membawa surat hasil tesnya.
Belum sempat berbicara sepatah kata apapun Ahmad sudah mendapatkan pertanyaan dari Bapaknya. “ Kumaha, meunang henteu tes na?”
“ He, henteu meunang” Jawab Ahmad yang menyodorkan selembar kertas kepada Bapaknya.
“ Bacana naon ieu, da Bapakmah teu kabaca. Coba pang bacakeun” Pinta sang Bapak dengan nada lembut.
Kemudian Ahmad membacakan dengan jelas isi dari surat hasil tes tersebut. Sang Bapak hanya mengangguk kecil, sedangkan sang Ibu hanya tertawa kecil. Ahmad yang menundukan kepalanya setelah selesai membacakan surat hasil tes kaget dengan ucapan sang Bapak, “ Ntos teu nanaon, lain milik mah hese, rek kumaha deui atuh.? Da emang keluarga urangmah eweuh nu asup kadinya. Tenang bae, sekolamah dimana bae geh sarua.”
“ Hooh, bener” Timpal Ibunya.
Ia tak menyangka bahwa Bapak dan Ibunya tidak sedikitpun marah dan kecewa kepada dirinya, meski jelas-jelas ia gagal lolos. Perasaan Ahmad sedikit lega, dengan respon dan juga motivasi dari kedua orang tuanya.
“ Ntos enggal sare, ntos wengi. Isukan hudangna isuk keneh, haju milu Bapak ka sawah” Bapak Ahmad menutup percakapan malam itu.

Bersambung…

“ Kumaha, meunang henteu tes na?”= “Bagaimana, dapat tidak tesnya”
“ He, henteu meunang”= “Ti, tidak dapat”
“ Hooh, bener”= “Iyah, betul”
“ Ntos teu nanaon, lain milik mah hese, rek kumaha deui atuh.? Da emang keluarga urang mah eweuh nu asup kadinya. Tenang bae, sekolamah dimana bae geh sarua.”= “Sudah tidak apa-apa, bukan rezeki mah susah, mau bagaimana lagi atuh.? Memang keluarga kita tidak ada yang masuk kesitu. Tenang saja, sekolah di manapun sama saja.”

“ Ntos enggal sare, ntos wengi. Isukan hudangna isuk keneh, haju milu Bapak ka sawah”= “Sudah cepat tidur, sudah malam. Besok bangunnya pagi, terus ikut Bapak ke sawah”

#OneDayOnePost #ODOPbatch5 #BismillahLulus #TantanganVII&VII  #CerbungEpisode4


Subscribe to receive free email updates:

12 Responses to "Perjalanan Singkat Episode 4"

  1. Alhamdulillah, ortu ahmad bijaksana, skolah dmn ntar ahmad ya?jd penasaran

    ReplyDelete
  2. Berkaca-kaca bacanya T_T
    Keren ey Kak Rafi.
    Lanjut ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduhh, bikin baper ternyata. next yu ke episode 5

      Delete
  3. Jadi kepengen belajar bahasa sunda.

    ReplyDelete
  4. Ngefans sama bapak ibu Ahmad 😍

    ReplyDelete
  5. INGIN CEPAT JADI JUTAWAN YUK MARI GABUNG SEKARANG JUGA

    KharismaPokerMenjadiSitusBandarQOnlineTerprcayaIndonesia


    Promo yang diberikan :

    Minimal DP dan WD Rp. 20.000.
    Support bank lokal : BCA, BNI, BRI, MANDIRI, dan DANAMON.
    Bisa dimainkan di iPhone, Android, PC / Laptop.
    Online 24 jam setiap hari meskipun hari libur nasional.
    Memiliki link alternatif : KharismaPoker.net.
    CS nya banyak , jadi pelayanannya cepat.
    Bonus REFERRAL 20% setiap minggunya.
    Bonus CASHBACK 0,5% setiap minggunya.
    Contact resmi kharismaPoker :

    Telp :+85588278896
    BBM;dc7cdd80

    ReplyDelete

Beri aku 1001 kritik dan saran :)