Permasalahan sosial dalam masyarakat

   Setiap individu tentu pernah mengalami masalah sosial dalam kehidupannya, ada yang mengalami masalah kecil ada juga yang mengalami masalah besar. Dengan adanya masalah membuat kita menjadi pribadi yang lebih peduli terhadap lingkungan sekitar.
   Masalah sosial adalah suatu keadaan kondisi yang tidak sasuai dengan harapan yang diinginkan. Kebanyakan orang menyebutnya dengan keadaan yang tidak diinginkan.
   Menurut Soerjono Soekanto masalah sosial adalah ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat yang membahayakan kehidupan sosial.
   Sedangkan menurut Soetomo masalah sosial merupakan suatu kondisi yang tidak diinginkan oleh sebagian besar masyarakat.
   Lain halnya dengan pendapat yang dikemukakan oleh Martin s. Weinberg yang menyatakan bahwa masalah sosial ialah suatu keadaan yang bertentangan dengan nilai-nilai oleh warga masyarakat yang cukup penting.
   Secara etimologi masalah sosial terbagi menjadi dua kata yaitu masalah dan sosial dimana masalah menurut kamus besar bahasa indonesia berarti sesuatu yang harus diselesaikan dan sosial menurut kamus besar bahasa indonesia berarti segala sesuatu yang berkenaan dengan masyarakat. Dapat ditarik satu kesimpulan bahwa masalah sosial adalah suatu keadaan genting didalam masyarakat dan harus segera diselesaikan.
      Tidak akan ada asap jika tidak ada api. Betul kan?
   Faktor terjadinya masalah sosisal terbagi menjadi 2 :
1). Akibat dari perubahan sosial
Perubahan sosial di lingkungan masyarakat bisa menjadi faktor terjadinya masalah sosial. Perubahan alami pada umumnya tidak terlalu  menjadi sorotan masyarakat dan cenderung tidak ditanggapi, karena masyarakat menganggapnya suatu hal yang wajar, adapun perubahan sosial yang mendapat kritikan tajam dan menjadi sorotan masyarakat.
Terjadinya masalah sosial di masyarakat merupakan salah satu dampak dari adanya perubahan demografi yaitu pertumbuhan atau pengurangan dalam susunan penduduk, perubahan ekologi yaitu perubahan dalam relasi antara penduduk dengan lingkungannya, perubahan kultural yaitu perubahan dalalm relasi untuk memproduksi hasil ciptaan manusia.
2). Akibat dari perubahan pembangunan sosial
Pembangunan sosial adalah suatu proses perubahan sosial yang meningkatkan taraf hidup masyarakat sebagai suatu keutuhan,pembangunan ini saling melengkapi dengan dinamika ekonomi. Akan tetapi, apabila proses perubahan pembangunan ini tidak berjalan sesuai rencana, maka tujuan dari pembangunan ini tidak akan terwujud, yang ada hanya akan menimbulkan masalah sosial bagi masyarakat yang menjadi target pembangunan ini.
   Sekarang kita akan mengenali jenis-jenis permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat.
Yang pertama adalah kemiskinan
   Perlu kita ketahui ada beberapa definisi dari para ahli sosiologi tentang kemiskinan. Langsung saja kita ambil definisi kemiskinan yang dikemukakan oleh Soerjono Soekanto dimana kemiskinan adalah suatu keadaan seseorang yang tidak sanggup untuk memelihara diri sendiri sesuai dengan taraf kehidupan kelompoknya dan juga tidak mampu memanfaatkan kemampuan mental maupun kemampuan fisik dalam kelompok tersebut.
Yang kedua yaitu kriminalitas
   Salah satu dari jenis masalah sosial yang tejadi di indonesia adalah kriminalitas, kriminalitas adalah suatu tindak kejahatan yang terjadi dimasyarakat yang dilakukan oleh individu atupun kelompok. Kriminalitas terbagi menjadi beberapa bagian
a).Kejahatan kerah putih  (white collar crime)
b).Kejahatan tanpa korban (crime without victim)
c).Kejahatan terorganisasi (organized crime)
d).Kejahatan korporasi (corporate crime)
Yang ketiga yaitu kesenjangan Sosial-Ekonomi di indonesia
   Definisi dan penyebab-penyebabnya bisa kita ketahui bersama melalui berbagai media bahkan kita bisa mendifinisikannya secara langsung.
   Begitulah permasalahan sosial yang terjadi di sekitar kita. Akan sampai kapan ini terjadi??? Biarkan waktu yang menjawabnya.
 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Permasalahan sosial dalam masyarakat"

Post a Comment

Beri aku 1001 kritik dan saran :)