end of World War I

sumber foto : google.com


Pada tahun 1917 perseteruan antara blok sekutu dan blok sentral mengalami KLIMAKS. Dimana pada tahun 1917 negara-negara yang tergabung dalam blok sentral satu persatu mulai menyerah kepada blok sekutu.


Pada akhirnya blok sentral mengalami kekalahan terhadap blok sekutu, adapun penyebab kekalahan blok sentral ternyata ada duri di dalam daging, yaitu ideologi sosialis, di mana masyarakat Jerman yang pada saat itu di pimpin oleh kaisar Karl dan masyarakat Austria yang pada saat itu di pimpin oleh kaisar Wil Helm II. Memutuskan untuk melengserkan kaisar Karl dan kaisar Wil Helm II karena di anngap tidak bisa menyelesaikan konflik yng terjadi antara blok sekutu yang awalnya mempunyai visi akan menghancurkan Amerika dalam waktu 6 minggu tapi sampai bertahun-tahun tidak kunjung selesai.


Pada akhir tahun 1917 peperangan antara blok sekutu dengan blok sentral dimenangkan oleh blok sekutu. Dimana blok sekutu terdiri dari Negara Amerika Serikat, Perancis, Inggris, dan Italia.
Setelah mengalami kemenangan, blok sekutu pada tahun 1918 melaksanakan perundingan perdamaian yang diawali dengan perjanjian Versailles yang dilakukan  di istana Perancis (28 juni 1918), pertemuan perdamaian ini di hadiri oleh Negara-negara blok sekutu seperti : Amerika Serikat yang diwakili oleh Woodrow Wilson, Perancis diwakili George Clemenceu, Iggris diwakili Lloyd George, dan Italia diwakili oleh Vittorio Emanuel.


Perjanjian Versailles membahas tentang  nasib Jerman. Namun, Perancis sengaja tidak mengundang Jerman dalam perjanjian tersebut. Karena, ada sebuah dendam lama yang di pendam oleh Perancis terhadap Jerman, di mana pada saat itu harga diri Perancis pernah dijatuhkan oleh Jerman di Istana Perancis sendiri.

Adapun isi dari perjanjian Versailles antara lain yaitu :
·        -. Kapal dagang Jerman diserahkan kepada Inggris sebagai pengganti kerugian. (permintaan Inggris).
·         -Angkatan perang Jerman yang sangat besar harus diperkecil.
·         -Jerman harus membayar semua kerugian perang.( yang paling berat)
·         -Daerah Elzas dan Lotharingern diserahkan ke Perancis.
·         -Jerman kehilangan semua daerah jajahan. (Negara jajahan jerman dibagi- bagi ke Negara blok sekutu)


Disusul bebrapa perjanjian selanjutnya pada tahun 1919 tepatnya pada tanggal 10 November 1919 yaitu perjanjian Sant Germain ( Austria – Sekutu), dan perjanjian Neully pada tanggal 27  November 1919 ( Bulgaria - Sekutu). Dan dua perjanjian selanjutnya ada di tahun 1920 yaitu perjanjian Trianon dan perjanjian Sevres.

Perjanjian yang dibuat oleh blok sekutu sama sekali tidak melibatkan Negara-negara blok sentral. Ya, mereka( blok sekutu) membahas nasib Negara-negara blok sentral namun, mereka (blok sekutu) tidak melibatkan blok sentral.


Perjanjian yang dibuat oleh blok sekutu sangat merugikan dan memberatka Negara-negara blok sentral. Blok sentral yang mengalami kekalahan secara terpaksa harus mau menerima perjanjia yang sudah dibentuk dan di sepakati oleh blok sekutu. Sepintas memang kesepakatan ini hanya diputuskan hanya sepihak saja. Ya, politik dunia ini tidak adil.



Adapun penyabab kekalahan blok sentral  : mereka harus melawan 23 negara Eropa belum ditambah dengan Amerika, lalu yang kedua Italia memutuskan keluar dari blok sentral karena beberapa insiden dengan Jerman, dan yang ketiga adalah Jerman dan Austria mengalami gejolak revolusi.


the end  
#OneDayOnePost #ODOPbatch5

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " end of World War I"

Post a Comment

Beri aku 1001 kritik dan saran :)