Kegiatan Akhir Semester Berhasil Membuatku Jatuh Cinta


Oleh : Muhammad Rafiyudin


Liburan akhir tahun adalah, liburan jangka panjang yang bisa dimanfaatkan untuk menikmati suasana alam ataupun suasana rumah dengan santai. Tanpa dibebani oleh pekerjaan atau tugas sekolah yang harus diselesaikan dalam waktu singkat. Liburan seringkali menjadi trending topic dikalangan pelajar, mulai dari pelajar sd, smp, sampai sma. Biasanya, para pelajar akan menghabiskan waktu liburannya dengan berbagai kegiatan yang bisa memberi mereka rasa senang.

Dua puluh lima Desember 2017, di mana pada saat itu semua pelajar seluruh indonesia sedang menikmati libur semester.

Berbeda dari pelajar lain yang menghabiskan waktu liburan dengan mengunjungi tempat-tempat wisata bersama keluarga ataupun seharian bermain game online, dan lain sebagainya yang biasa dilakukan saat liburan. Aku menghabiskan liburan akhir tahun 2017 dengan berbagai macam kegiatan, mulai dari kegiatan pramuka, kegiatan osis, dan kegiatan lainnya.

Dua puluh tujuh Desember 2017, tepat pukul 17:36. Aku mendapat sebuah pesan dari grup whatsapp, saka bina sosial provinsi Banten. Isi pesan tersebut berupa undangan untuk menghadiri sebuah kegiatan apel siaga dalam rangka jambore psks tahun 2017. Acaranya diadakan pada tanggal 28 Desember pukul 07:00 di gedung serbaguna di kawasan pusat pemerintantahan provinsi Banten. Sekitar 23 km dari tempat tinggalku. Secara serentak, aku merespon undangan tersebut, dan mengkonfirmasi bahwa diriku siap untuk memenuhi undangan tersebut.

Dua puluh delapan Desember 2017, setelah selesai mengikuti acara apel siaga dan juga sempat berfoto dengan wakil gubernur Banten yakni, Bapak Andika, aku langsung menuju ke kota Serang untuk membuat stiker class meeting yang belum sempat di cetak. Setelah sampai di tempat cetak dan menyerahkan file. Aku menunggu selama hampir 2 jam, dan selama 2 jam itu pula aku kebingungan harus kemana. Lalu kuputuskan untuk menunggu nya di depan indomart yang berada tidak jauh dari tempat cetak. Dua jam menunggu dengan hanya duduk di depan indomart dengan menyibukan diri dengan gudget dan ditemani oleh sebotol air mineral. Hingga pada akhirnya, sticker sudah selesai dicetak. Aku memutuskan untuk langsung pulang kemabali menuju Cikande.

Bukan hanya itu saja kegiatan yang kulakukan selama liburan semester kemarin. Ada banyak lagi kegiatan lain yang aku ikuti seperti, menjadi panitia kegiatan dewan kerja ranting korwil Serang Timur, dan lain sebagainya.

Sebenarnya ada hasrat terpendam dalam diri ini untuk merasakan apa yang orang lain rasakan. Merasakan liburan dengan santai, sambil menikmati segelas kopi di pagi hari. Ahh, nampaknya nikmat sekali.

Namun, ada sebuah kalimat yang pernah diucapkan oleh salah seorang guruku di sekolah kalimat itu membuatku sadar, dan membuat diri ini tidak ingin berlibur. “Kalian tinggal pilih, kalian berpeluh kesah, berkeringat, cape, letih, lesu sekarang, lalu kalian nikmati hasilnya 10 tahun yang akan datang atau kalian pilih bersantai, bermain-main, dan lain sebagainya, tapi kalian berpeluh kesah, berkeringat 10 tahun mendatang.” Kalimat inilah yang selalu kuingat setiap kali relung hati merasa sedang berada di bawah lautan yang paling dalam. Karena, itulah aku memilih menyibukan diri dengan berbagai kegiatan-kegiatan positif.

***

Anak muda ini adalah seorang remaja asal Cikande, Serang-Banten. Yang bersekolah di SMAN 1 Cikande. Ia menghabiskan waktu liburnya dengan berbagai macam kegiatan organisasi. Baik itu organisasi dalam sekolah ataupun luar sekolah.

Pada saat liburan akhir semester, ia hampir jarang ada di rumah, hanya untuk menyiapkan ataupun mengikuti sebuah kegiatan. Hingga pada akhirnya, kegiatan akhir semester berhasil membuatnya jatuh cinta.

#OneDayOnePost #ODOPbatch5 #Fiksi 

Subscribe to receive free email updates:

11 Responses to "Kegiatan Akhir Semester Berhasil Membuatku Jatuh Cinta"

  1. Sungguh luar biasa anak muda itu ya? Ahmad kah? 😁
    Oh iya, kira-kira guru bijak itu kita kenal gak ya? πŸ˜‰

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Si Ahmad mbaπŸ˜‚
      Pasti kenal dong πŸ˜€

      Delete
  2. Dek Rafi... aku jd penasaran bgt sama Cikande krn sering jd latar cerita dek Rafi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh mba, nnti kalo kesini aku kasih liat sesuatu πŸ˜ƒ

      Delete
  3. Saya jd terkenang masa lalu😁, semangat terus fi, kegiatan seabrek pas liburan itu nikmat 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahaha πŸ˜‚πŸ˜‚ iyah bener bun πŸ˜‚

      Delete
  4. Anak muda yang bijaksana πŸ˜‰ biar nggak ada sesal dikemudian hari yah

    ReplyDelete
  5. Aihh.. Dirimu kelas berapa mas? Sama kek sovia ya?

    ReplyDelete
  6. Salam untuk pak guru Dwi Septiyana ya

    ReplyDelete

Beri aku 1001 kritik dan saran :)